cara membersihkan ac rumah

Pendingin ruangan ataua AC( air conditioner) pasti jadi benda elektronik yang kita pakai tiap hari di rumah. Tetapi, AC yang tidak dirawat secara berkala serta saksama bisa jadi polusi hawa untuk penghuninya sehingga menimbulkan sebagian tipe penyakit, semacam penyakit pada saluran respirasi.

Perihal ini diakibatkan sebab pendingin ruangan yang kotor bisa menaruh bermacam virus serta kuman yang setelah itu disebarkan kembali ke segala ruangan sehingga masuk lewat indra penciuman.

Kenyataan ini diperkuat dari hasil riset dari United State Environment Protection Agency( US EPA) kalau polusi dalam ruang dapat 2 sampai 5 kali lebih besar dibanding polusi luar ruang. Polusi ini pula jadi 1 dari 5 besar polusi yang berisiko mengecam kesehatan manusia.

Buat itu dibutuhkan pembersihan AC secara teratur. Serta sesungguhnya, kita sendiri juga dapat, lo, mensterilkan AC tanpa memanggil penyedia jasa layanan. Tidak hanya usia gunakan lebih hemat, usia gunakan AC pula lebih panjang serta tidak gampang rusak.

Nah, secara universal terdapat 2 proses pembersihan AC, ialah“ Kecil” dicoba buat unit bagian dalam( indoor), misalnya filter serta penutup air conditioner, serta yang“ Besar” mencakup komponen Indoor( evaporatornya) serta bagian luar( outdoor).

Pembersihan kecil dapat dicoba sesering bisa jadi, misalnya 2 minggu sekali. Sebaliknya, pembersihan besar lumayan dicoba 3 bulan sekali.

Membersihkan AC bagian indoor :

  • Sebelum membersihkan AC bagian indoor dengan memakai air dan detergen, terlebih dahulu lepas saklar yang menghubungkan sumber listrik. Kemudian, tutup saklar dengan lakban atau sejenisnya, untuk menghindari percikan air masuk ke lubang tersebut
  • Buka penutup AC yang dikaitkan dengan 2 baut dengan obeng +(plus). Sebelum membuka baut buka terlebih dahulu penutup baut dengan cara mencongkel dengan obeng –(min). Setelah itu, tarik ke atas perlahan-lahan. Biasanya ada pengunci tanpa baut yang mengangkut ditutupnya itu.
  • Apabila penutupnya sudah terbuka, lepas kabel/soket yang menghubungkan Swing / pengarah angin. Selanjutnya tarik Swing ke depan perlahan-lahan. Apabila sudah terbuka swingnya kita mulai membersihkan AC tersebut.
  • Bersihkan debu yang menempel di kisi-kisi pendingin tersebut dengan kuas. Apabila susah dijangkau dengan kuas pakailah dengan sikat gigi tanpa memakai air terutama Roller Fan (kipas berbentuk bulat yg terbuat dari plastik yang menghasilkan angin). Untuk membersihkannya kita perlu alat tambahan berupa Cutter / pisau kecil untuk membuang debu yang lengket di roller fan tersebut.
  • Tutup MCB/control panel/mesin pengontrol memakai plastik atau sejenisnya agar lebih aman dari percikan air yang terletak sebelah kanan kisi pendingin. Karena dari alat itulah semua proses pendinginan, remote control dll diletakkan.
  • Mulailah dengan menyiramnya seperti langkah-langkah membersihkan AC. Apabila sudah bersih, pasang kembali Swing Fan terlebih dahulu baru penutup luarnya (cover AC).
  • Tunggulah 2 jam atau lebih untuk menyalahkan AC, semakin lama semakin baik. Untuk penyalaan pertama posisikan remote ke posisi FAN jangan ke posisi COOL, DRY, atau AUTO. Ini dimaksudkan untuk menghilangkan air yang masih tersisa di dalamnya, 10 menit kemudian baru bisa diubah ke posisi yang diinginkan.

Related Post

No Comments

Leave a Comment

Chat Kami
Butuh Bantuan?
Halo!
Ada yang bisa saya bantu?