Perbaikan Kulkas Panggil Tukang

Salah satu peralatan elektronik rumah tangga (Home Appliance) yang cukup penting dan banyak memberikan manfaat bagi penggunanya adalah kulkas. Alat elektronik satu ini memudahkan setiap penggunanya untuk menyimpan bahan makanan atau minuman supaya tetap bisa di gunakan dalam beberapa hari kedepan. Ketika kulkas mengalami kerusakan, bahan makanan yang disimpan didalamnya juga akan ikut membusuk. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengerti cara merawat kulkas yang baik dan benar agar kulkas awet serta tahan lama. Selain membuat bahan makanan tetap berkualitas baik, merawat kulkas secara rutin juga dapat membantu mengurangi tagihan listrik karena kulkas bisa beroperasi dengan efisien. 

Beberapa hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk merawat kulkas supaya awet dan berfungsi dengan baik kulkas adalah :

Menjaga temperatur suhu kulkas tetap stabil

Memiliki kulkas pada suhu yang tepat adalah cara untuk memastikan bahan dan sisa makanan bisa bertahan lama. Tidak hanya itu, menyimpan makanan pada suhu yang tepat adalah salah satu cara untuk mencegah penyakit yang bisa dibawa oleh bahan makanan itu sendiri. Selain itu, jangan menumpuk makanan. Hal tersebut akan membuat udara dapat mengalir dengan baik melalui lemari es dan freezer. Kulkas yang diisi bertumpuk apalagi penuh akan cenderung lebih hangat dibandingkan kulkas yang isinya diatur menyebar dan tidak diisi terlalu banyak.

Suhu optimal kulkas yang disarankan oleh Food Standards Agency (FSA)  antara 0° C hingga 5° C dan tidak boleh lebih. Menurut WRAP’s Love Food Hate Waste, Helen White, menyimpan bahan makanan dan sisa makanan dalam kondisi suhu yang tepat dapat menghentikan pertumbuhan bakteri. Memang, tidak semua kulkas dilengkapi dengan thermometer, sehingga menentukan suhu yang tepat bisa jadi membingungkan. Namun kabar baiknya, harga termometer untuk kulkas ini cukup murah dan bisa beli di sebagian besar toko peralatan dapur.

Baca Juga : Membedakan Kepribadian Orang Dengan Tata Hunian Rumahnya.

Pastikan pintu kulkas tertutup rapat

Saat kamu perlu mengambil atau meletakkan bahan makanan, pastikan pintu kulkas selalu tertutup rapat Kembali. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan yaitu jangan biarkan pintu kulkas terbuka terlalu lama. Jika pintu kulkas sulit ketika ditutup, atau jika kamu melihat ada kerusakan di sekitar bagian karet, kamu mungkin harus mengganti gasket kulkas. Untuk perbaikan darurat, gunakan petroleum jelly untuk mengemas bahan karet. Namun jika kamu kesulitan untuk memperbaikinya, sebaiknya memanggil jasa tukang service yang sudah berpengalaman.

Jangan langsung memasukkan makanan panas kedalam kulkas

Salah satu kesalahan pemilik kulkas yang masih sering dilakukan adalah memasukkan makanan yang masih panas langsung kedalam kulkas. Sebaiknya dinginkan makanan terlebih dahulu dalam suhu ruangan selama kurang lebih satu jam baru kemudian dimasukkan kedalam kulkas. Atau setidaknya tunggu hingga uapnya benar-benar telah menghilang sebelum akhirnya memasukkannya ke dalam kulkas.

Baca Juga : Perlu diperhatikan! Kelebihan Dan Kekurangan Dinding Roster Di Rumah Minimalis.

Bersihkan kulkas secara teratur

Langkah perawatan selanjutnya adalah memastikan agar kulkas tetap bersih. Seperti peralatan lain, kulkas kalian juga membutuhkan perawatan dan salah satu bagian yang harus rutin dirawat adalah koil kulkas. Pastikan tidak ada debu atau kotoran yang menempel pada bagian ini, karena bisa menyebabkan penurunan atau pengurangan kapasitas pendinginan pada kulkas secara keseluruhan. Usaha menjaga kebersihan kulkas dapat dilakukan dengan cara membersihan minimal satu bulan sekali baik di bagian dalam atau di luar body kulkas untuk mencegah kulkas berkarat dan mencegah penumpukan es.

Apabila kulkasmu sudah mengalami penumpukan es kamu perlu untuk membersihkannya dengan cara mencairkan dan membersihkan bagian dalamnya. Kamu harus mematikan lemari es, mengosongkannya, membiarkan es mencair, dan kemudian membersihkan bagian dalamnya. Gunakan pembersih serba guna standar untuk membersihkan sisa makanan di bagian dalam sembari menyeka air yang berjatuhan. Ini akan menghilangkan bau makanan dan membantu kulkas bekerja lebih efisien.

Related Post

No Comments

Leave a Comment